WartaPramudya--Sebagai salah satu upaya untuk menyukseskan Program JKN-KIS, BPJS Kesehatan terus mengedukasi serta mengevaluasi kinerja mitra BPJS Kesehatan, yaitu Kader JKN-KIS. Bertempat di Lampung Tengah, kegiatan evaluasi yang dilakukan oleh BPJS kesehatan Cabang Metro ini dihadiri oleh seluruh Kader JKN wilayah Kabupaten Lampung tengah, Jum’at (06/11).
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Metro Sudiyanti mengatakan, di tengah situasi pandemi Covid-19, seluruh Kader JKN untuk tetap mengoptimalkan peran mereka masing-masing untuk memberikan edukasi dan mengingatkan peserta JKN-KIS untuk rutin melakukan pembayaran. Meski begitu, Sudiyanti tetap menenkankan bahwa selruuh Kader JKN tetap harus memprioritaskan diri mereka untuk selalu menerapkan protokol kesehatan agar terjaga dari penyebaran virus.
“Mohon setiap Kader JKN tetap jaga diri dan kesehatan mengingat saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19. Jangan lupa untuk tetap memberikan sosialisasi dan edukasi kepada peserta JKN-KIS. Jika memilih untuk datang langsung utamakan protokol Covid-19 seperti menggunakan masker, jaga jarak dan menyiapkan hand sanitizer untuk mencegah penyebaran Covid-19 atau bisa juga menggunakan saluran telepon, sms dan whatsapp untuk mengedukasi dan mengingatkan peserta,” saran Sudiyanti.
Sudiyanti juga menyampaikan bahwa saat ini BPJS Kesehatan sedang ada inovasi berupa layanan berbasis aplikasi chatting dengan program Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (PANDAWA). Menurutnya, inovasi PANDAWA mampu memberikan kemudahan pada pelayanan peserta di masa Covid-19.
“PANDAWA ini merupakan salah satu layanan alternatif yang dapat memudahkan bagi peserta JKN-KIS, apalagi saat ini hampir semua kalangan mempunyai media sosial WhatsApp (WA). Jadi dengan layanan PANDAWA yang tanpa tatap muka ini kami harapkan dapat mengurangi penyebaran virus Covid-19,” ungkap Sudiyanti.
Adapun layanan administrasi yang dapat dilayani melalui PANDAWA antara lain daftar baru, tambah anggota keluarga, pendaftaran bayi baru lahir, ubah jenis kepesertaan, ubah data identitas, ubah data golongan dan gaji, ubah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), penonaktifan peserta meninggal, perbaikan data ganda dan pengaktifan kembali kartu.
“Semua layanan itu bisa diakses masyarakat melalui nomor WA di 081273429955. Jadi prosesnya cukup mudah, kita hanya mengirimkan teks seperti biasa di nomor WA tersebut tunggu sampai petugas kami memberikan balasan dan terjadi percakapan serta arahan selanjutnya dari petugas kami. Layanan ini hanya akan diproses dan dibalas saat jam kerja mulai dari pukul 8 pagi sampai jam 3 sore,” jelas Sudiyanti
Pada kesempatan tersebut, Ahmad Syarifudin (36) yang merupakan salah satu Kader JKN yang bertugas di wilayah Kabupaten Lampung tengah menjelaskan bahwa dari seluruh warga binaannya yang ia datangi, salah satu kendala yang sering ditemui adalah peserta yang ingin mengubah faskes namun terkendala jarak menuju kantor kabupaten. Dengan adanya PANDAWA, Ahmad menyebut layanan digital tersebut bisa menjadi salah satu alternatif bagi peserta yang ingin mengurus kepesertaan JKN-KIS nya di masa pandemi Covid-19.
“Dengan adanya program PANDAWA ini, saya yakin banyak peserta yang merasa terbantu, karena tidak perlu repot-repot ke Kantor BPJS Kesehatan,” tutup Ahmad. (rls/be)