Jumat, 07 Maret 2025

Tingkatkan Kualitas Layanan, BPJS Kesehatan Supervisi ke Puskesmas Sukadana

Plt.Kepala Puskesmas Sukadana Meidariani saat menyambut Tim dari BPJS Kesehatan Cabang Metro


PRAMUDYAFM, METRO--Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Metro melakukan kegiatan Supervisi Buktikan dan Lihat Langsung (SiBling) ke sejumlah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di Kabupaten lampung Timur. Salah satu FKTP tersebut adalah Puskesmas Sukadana yang mendapat kunjungan pada Kamis, 6 Maret  2025.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Metro, Bellza Rizki Ananta menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mengedukasi terhadap layanan antrean online yang ada di dalam Aplikasi Mobile JKN, selain itu juga dilakukan survei kepuasan peserta melalui Kesan dan Pesan Setelah layanan (KESSAN) untuk meningkatkan kualitas layanan JKN.  

“Kami ingin melihat langsung bahwa pelayanan di FKTP benar-benar optimal dan sesuai dengan kebutuhan peserta. Melalui kegiatan Sibling, kami tidak hanya memastikan dari jauh, tetapi juga langsung turun ke lapangan untuk membantu peserta memahami aplikasi dari BPJS Kesehatan, seperti antrean online. Harapannya, ini bisa mengurangi kendala di lapangan dan membuat pelayanan semakin efisien,” kata Bellza di ruang kerjanya, Jumat (07/03/2025)

Lebih lanjut Bellza menjelaskan, kegiatan Sibling tersebut bentuk nyata kolaborasi antara BPJS Kesehatan dan FKTP yang untuk memberikan pelayanan yang optimal.  Selain memberikan manfaat langsung kepada Peserta, BPJS Kesehatan juga memastikan setiap FKTP menjalankan standar pelayanan sesuai ketentuan yang berlaku. Supervisi tersebut juga bagian dari upaya untuk mengevaluasi sekaligus memperbaiki kekurangan dalam sistem pelayanan.

Selain edukasi Aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan juga menekankan pentingnya pengisian survei KESSAN. Setiap FKTP diwajibkan mengumpulkan minimal 30 survei per bulan. Data dari survei tersebut menjadi bahan evaluasi yang penting untuk meningkatkan mutu pelayanan secara menyeluruh.

“Kami terus mendorong FKTP agar rutin memanfaatkan teknologi dan fitur yang sudah disediakan, termasuk barcode KESSAN. Peserta berhak untuk menilai pelayanan yang diterima, dan masukan mereka akan menjadi dasar perbaikan kami ke depannya. Dengan survei ini, kami bisa lebih cepat mengetahui apa saja yang perlu diperbaiki,” tambah Bellza.

Tak hanya itu, kata Bellza ,BPJS Kesehatan juga memastikan bahwa kegiatan supervisi seperti ini akan dilakukan secara rutin untuk meningkatkan kualitas pelayanan di FKTP. Selain itu, edukasi tentang aplikasi Mobile JKN juga akan diperluas ke wilayah-wilayah lain agar semakin banyak peserta yang merasakan manfaatnya.

“Kami akan terus menjalin sinergi dengan FKTP dan memaksimalkan penggunaan teknologi untuk memberikan pelayanan yang optimal, Sehingga peserta JKN merasa nyaman dan percaya dengan sistem yang telah dibangun,”terang Bellza.

Melalui kegiatan Sibling dan evaluasi layanan, BPJS Kesehatan menghadirkan layanan kesehatan yang tidak hanya cepat, tetapi juga berkualitas. Peserta kini lebih mudah mengakses layanan dan dapat memberikan masukan langsung, memastikan pelayanan sesuai kebutuhan mereka. Layanan optimal bukan lagi sekadar wacana, melainkan kenyataan yang dirasakan peserta JKN.

Sementara, terpisah Plt Kepala Puskesmas Sukadana Meidariani menyambut baik kegiatan Supervisi Buktikan dan Lihat Langsung (SiBling) oleh tim dari BPJS Kesehatan Cabang Metro.

"Terkait antrian online, kendalanya masyarakat masih antri manual tidak lewat aplikasi MobileJKN,"ungkapnya.

"Padahal kami sudah sering woro-woro (sosialisasikan) dengan antrian online (antrol) memudahkan pasien untuk mendapatkan nomor antrian dan langsung mau periksa apa,"kata Meidariani.

Selanjutnya untuk peningkatan antrian online , Meidariani akan berkoordinasi dengan Forkopimcam dan lintas sektor di wilayah kerja Puskesmas Sukadana.

"Kami akan menggerakkan dan mengajak masyarakat untuk mengaktifkan aplikasi Mobile JKN , karena semua ini untuk mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan," terangnya.

"Kami juga akan terus berusaha untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di Puskesmas Sukadana dengan tidak membedakan pasien BPJS ataupun umum , sesuai dengan arahan Ibu Bupati dan Bapak Kadis Kesehatan Lampung Timur,"pungkasnya. (Suprapto)

 
Kode AdSense Anda